DALMAS SIAP SIAGA

LATIH KEMAHIRAN: Puluhan Personel Dalmas SATPOL PP-PBK Kabupaten Bengkulu Selatan meningkatkan latihan pengendalian massa di Halaman Polres dan Halaman Kantor Pemda Bengkulu Selatan

Manna –  Menghadapi pelaksanaan Piileg & Pilpres 2019, SATPOL PP-PBK Kabupaten Bengkulu Selatan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) anggotanya. Salah satu bentuk peningkatan SDM adalah menambah porsi latihan pengendalian massa (Dalmas).

Kegiatan latihan Dalmas itu melibatkan anggota Polres , dan anggota SATPOL PP-PBK Kabupaten Bengkulu Selatan sebagai Dalmas inti. Latihan Dalmas itu dipimpin langsung KASAT POL PP-PBK Kabupaten Bengkulu Selatan Ir. SUSMANTO, MM.

Puluhan personel inti itu melakukan latihan teknik pengendalian massa. Sebelum melakukan latihan, puluhan personel dilatih fisik terlebih dahulu, yakni dengan berlari mengelilingi lapangan Polres Bengkulu Selatan dilanjutkan latihan dasar di Halaman Kantor Pemda Bengkulu Selatan .

Setelah berkeringat, Personil Dalmas mulai berbaris rapi. Tidak lupa mereka juga mengenakan sejumlah peralatan seperti rompi, tameng dalmas, dan tongkat. Mereka melaksanakan formasi teknik dalmas dengan kompak.

Ir. SUSMANTO, MM mengatakan, latihan dalmas tersebut diikuti semua personel Dalmas SATPOL PP-PBK Kabupaten Bengkulu Selatan. Latihan itu merupakan kegiatan rutin sesuai waktu yang ditentukan dan dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan.

Menurut Ir. SUSMANTO, MM, latihan tersebut sekaligus untuk me- refresh agar anggota Dalmas SATPOL PP-PBK Kabupaten Bengkulu Selatan semakin profesional dalam melaksanakan tugas-tugas di lapangan. “Anggota sudah memiliki gambaran apa yang akan dilakukan jika menghalau massa, dan kemungkinan terburuk terjadi tidak bentrok massa,” jelasnya.

Dengan giat melakukan latihan Dalmas tersebut, maka masing-masing personel kekuatan fisiknya terus terjaga dengan baik. Lebih dari itu, dengan seringnya dilaksanakan latihan, maka personel akan mudah dan lancar untuk melakukan pengamanan terhadap massa yang melakukan aksi unjuk rasa.

Bukan itu saja, lanjut Ir. SUSMANTO, MM personel Dalmas juga dipersiapkan untuk menghadapi demonstrasi yang menerjunkan massa dalam jumlah besar, serta mengantisipasi terjadinya anarkis. Sehingga dengan banyak latihan, para personel akan mudah menghalau massa dan menghadapi masa peserta unjuk rasa. “Kita terus memperdalam teknik dalmas agar anggota di lapangan lebih mahir. Sehingga Personel Dalmas menjadi personel yang terlatih, tangguh dan bertanggung jawab dalam menjalani tugas pengamanan unjuk rasa,” terangnya.

 

Apalagi, pada tahun 2019 mendatang ada kegiatan Pileg dan Pilpres yang berpotensi terjadi aksi unjuk rasa besar. “Semua ini dipersiapkan untuk menjaga keamanan, ketertiban agar wilayah hukum Kabupaten Bengkulu Selatan tetap kondusif dan terpelihara,” tandasnya.