HOT NEWS

RS As-syifa

KESELAMATAN YANG UTAMA

Manna, Bengkulu Selatan 2019

Bahaya Kebakaran adalah salah satu bencana yang menyebabkan banyak kerugian baik kerugian materil maupun inmateril, bahkan memberikan bekas Trauma yang begitu dalam bagi korban bencana tersebut.

untuk mencegah dan meminimalisir adanya bahaya kebekaranRS As-syifa Jl. Gerak Alam RT. 13 Kelurahan Kota Medan Kecamatan Kota Manna Bengkulu Selatan bekerja sama dengan SAT POL PP-PBK BengkuluSelatan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Penggunaan APAR.

sosialisasi dan simulasi penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan penanggulangan kebakaran yg di akibatkan oleh kompor dan kebocoran tabung gas pada rumah sakit As- Syifa yang diikuti oleh lebih kurang 100 orang pegawai meliputi dokter, perawat, ahli gizi dan staf. sosialisasi dan simulasi ini bertujuan untuk meningkatkan akreditasi rumah sakit as syifa serta meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi seluruh karyawan di rumah sakit as syifa serta meningkatkan mutu dan keselamatan pasien.

sosialisasi ini dilaksanakan 12 februari 2019 di mulai dari jam 09.00 wib sd jam 11.30 wib. sosialisasi dan simulasi ini di pimpin oleh deriktur rumah sakit as syifa dr. Andanu Sulaksana. narasumber Kabid Damkar pengikut Kasi Pencegahan dan Penanggulangan, kasi pengadaan dan pemeliharan sarpras dan beberapa anggota satgas Damkar.

=================================================================================================================

“TAMBAH ILMU BERBAGI PENGALAMAN”

SATPOL PP-PBK KAB. BENGKULU SELATAN mengadakan Kegiatan Sosialisasi pemadam kebakaran di Aula Barak Dalmas dan Halaman Kantor SATPOL PP-PBK KAB. BENGKULU SELATAN. Dipimpin langsung oleh KASAT POL PP-PBK  KAB. BENGKULU SELATAN Ir. SUSMANTO, MM, bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran PROVINSI BENGKULU sebagai Narasumber dan Pelatih. Kegiatan ini diikuti oleh 150 Peserta yang berasal dari Perwakilan 6 Kecamatan, masyarakat umum dan anggota Satgas PBK/SAT POL PP sebagai mana disampaikan Oleh Kabid. Damkar SATPOL PP-PBK WINDERI, S.Sos dalam penyampaian Laporan Kegiatan.

Kebakaran merupakan salah satu ancaman yang berbahaya dan dapat mengakibatkan korban jiwa jika kita tidak melakukan upaya yang tepat dalam mencegah kebakaran. Hal inilah yang menjadi dasar dilaksanakan Sosialisasi Norma, Standar, prosedur dan Manual Pencegahan Bahaya Kebakaran juga dilanjutkan dengan kegiatan Simulasi Pemadam Kebakaran.

Kesadaran akan pentingnya pencegahan kebakaran dan penanggulangan dini terhadap bahaya kebakaran, pada umumnya masih dirasakan sangat kurang, khususnya untuk rakyat Indonesia. Sehingga masih seringkali terjadi kejadian kebakaran yang selalu mengakibatkan banyak kerugian.  Untuk mencegah kejadian kebakaran dan mengurangi dampak yang ditimbulkannya, diperlukan tingkat pengetahuan tentang api yang memadai.

Karena itulah diperlukan Sosialisasi ini, dikarenakan banyak faktor yang bisa mempercepat terjadinya bahaya api atau kebakaran bahkan ledakan, faktor-faktor tersebut kadang-kadang kurang diperhatikan oleh kebanyakan orang, padahal upaya pencegahan kebakaran lebih mudah dan lebih murah, dibandingkan upaya penanggulangannya.  Karena itulah, dalam Kegiatan Sosialisasi ini upaya pencegahan kebakaran lebih diutamakan.

MANFAAT DAN PELATIHAN

  • Peserta akan memahami pentingnya upaya pencegahan kebakaran melebihi upaya penanggulangannya
  • Mengerti bagaimana kebakaran terjadi, penjalarannya, dan bagaimana cara pencegahan dan penanggulangannya
  • Memberikan kesadaran tentang pentingnya meningkatkan perilaku keseharian dalam pencegahan kebakaran.
  • Mengenal beberapa sarana dan prasarana peralatan pencegahan dan penanggulangan kebakaran.
  • Mengantisipasi dan mengurangi kerugian akibat kebakaran, dengan membentuk organisasi peran kebakaran.

MATERI SOSIALISASI

  • Teoritis/Fenomena api atau kebakaran.
  • Alat Pemadam Kebakaran dan cara penggunaannya.
  • Karakteristik bahan bakar
  • Bahaya Kebakaran dan pengendaliannya
  • Bahan cair mudah terbakar
  • Balakar didaerah mudah terbakar
  • Kebakaran ruangan
  • Analisa resiko kebakaran
  • Tanggap darurat kebakaran
  • Manajemen penanggulangan kebakaran

METODE SOSIALISASI

  • Partisipatif, diskusi dan materi serta simulasi

DSCF0269

http://satpolpp-damkar.bengkuluselatankab.go.id/wp-content/uploads/sites/20/2018/11/DSCF0269.avi

WAKTU PELAKSANAAN

Sosialisasi Norma, Standar, prosedur dan Manual Pencegahan  Bahaya Kebakaran sudah dilaksanakan pada tanggal 15 November 2018